Senin, 12 Oktober 2015

[ Inspirasi Kesehatan: Apa itu AGEs? Apa itu IRIDOID?? ]



 
AGEs, singkatan dari Advanced Glycation End-Products, merupakan hasil dari proses bereaksinya ikatan glukosa dengan molekul protein atau lemak yang terjadi di dalam tubuh. Memang, glukosa, protein, dan lemak merupakan zat yang dibutuhkan bagi tubuh sebagai sumber energi dan pertumbuhan. Namun jika kandungan glukosa dan protein, lemak berlebih dari jumlah normal di dalam tubuh, maka zat-zat tersebut akan bereaksi dengan sendirinya membentuk AGEs, sehingga darah di dalam tubuh  mengandung banyak AGEs. Lalu, apa bahayanya jika darah di dalam tubuh kita mengandung AGEs? Jawabannya adalah SANGAT BERBAHAYA !!

Terbentuknya AGEs di dalam tubuh menjadi sumber penyebab terserangnya tubuh terhadap berbagai macam jenis penyakit berbahaya karena penumpukkan AGEs akan mengganggu struktur protein intraseluler dan ekstrasel sehingga akan merusak sel-sel tubuh dan selanjutnya dapat mengganggu fungsi organ-organ di dalam tubuh. Beberapa penyakit berat bisa muncul akibat AGEs, yaitu: Kanker, penyakit Alzheimer (jika AGEs menumpuk di otak), Penyakit jantung (jika AGEs menumpuk di pembuluh darah sekitar jantung), Tipe-II Diabetes (jika AGEs menumpuk di kelenjar pankreas), Aterosklerosis, tekanan darah tinggi, gangguan ginjal (jika AGEs menumpuk di pembuluh darah sekitar ginjal), gangguan visual (jika AGEs menumpuk di pembuluh darah sekitar mata), Stroke (jika AGEs menumpuk di otak), gangguan kulit (penuaan dini). Bahkan banyak penelitian menghasilkan adanya korelasi yang signifikan antara angka AGEs tinggi terhadap pasien jantung koroner dan diabetes.  




Sumber terbentuknya AGEs di dalam tubuh adalah secara langsung dan tidak langsung melalui makanan dan pola hidup. Maksudnya, penyebab terbentuknya AGEs secara langsung melalui makanan adalah dengan mengkonsumsi makanan bakar-bakaran atau yang digoreng terlalu lama, karena bagian yang gosong itulah merupakan bentuk jadi AGEs yang secara langsung akan menyumbang tingginya kadar AGEs di dalam tubuh. 

Sedangkan, penyebab terbentuknya AGEs secara tidak langsung melalui makanan adalah dengan mengkonsumsi makanan dengan kadar gula tinggi (seperti cake, coklat, dan lain-lain), lemak jahat, protein hewani, yang secara tidak langsung akan memicu terbentuknya AGEs secara tidak langsung di dalam tubuh melalui proses kimia. Pada dasarnya kita boleh mengkonsumsi makanan-makanan tersebut hanya saja tingkat porsinya perlu diperhatikan.


Lalu, bagaimana cara mengetahui kadar AGEs di dalam tubuh kita?? See the next post

Tidak ada komentar:

Posting Komentar